Kamis, 17 Agustus 2017

Nasionalisme lewat sepatu



Beberapa tahun ini, saya mulai membiasakan membeli barang kerajinan tangan. Saya suka karena tiap barang unik. Barang tersebut  tidak bisa diproduksi masal karena dibuat satu per satu dengan tenaga kerja manusia. Sebagai pemakai, saya merasa senang karena produk tersebut tidak pasaran. Selain itu, membeli produk kerajinan tangan buatan Indonesia berarti memberi pemasukan pada pembuatnya. Semakin banyak kita memakai produk kerajinan tangan buatan Indonesia, sama dengan membuka lapangan pekerjaan.


Salah satu produk kerajinan tangan yang baru menjadi koleksi saya adalah Sepatu Batik The Warna Indonesia. Awalnya saya tertarik karena beberapa teman memilikinya. Modelnya macam-macam dengan banyak pilihan warna. Bisa dilihat di Sepatu Batik The Warna Indonesia. Setelah sempat tergoda dengan banyak seri, akhirnya saya memilih sepatu Kresna White. Awalnya saya sempat ingin membeli sepatu jenis flat pump shoe. Berhubung saya masih punya beberapa pasang sepatu jenis itu, akhirnya saya beralih ke sepatu yang lebih nyaman untuk jalan-jalan. 


Sepatu the warna punya banyak motif dengan aneka warna. Mereka menggunakan kain dari Palembang, Sulawesi, Ntt, dan batik-batik di Pulau Jawa. Kain-kain tersebut kemudian diproduksi oleh perajin di daerah Ciapus, Bogor. Membeli sepatu the warna berarti memberi penghasilan kepada 29 orang penjahit yang membuat sepatu tersebut. Meski sepatu tersebut berwarna-warni, kata the warna ternyata bukan diambil dari istilah tersebut. Ia singkatan dari warisan nusantara. Dany Anwar sang pendiri ingin agar kain-kain etnik Indonesia diminati kembali. Oleh karena itu, ia mengemas bentuknya menjadi barang pakai yang dengan desain yang cocok dipakai kawula muda. Bisnis yang dimulai sejak tahun 2013 ini sudah menjual lebih dari 60.000 pasang sepatu. Hal tersebut membawa Dany Anwar diganjar penghargaan Wirausaha Muda Mandiri.

























Balik ke sepatu Khresna Putih baru saya. Ia punya lapisan empuk yang melindungi kaki. Aman untuk berjalan-jalan karena kaki nggak bakal lecet. Bentuknya unik. Saya suka memakainya dengan baju dari kain batik atau kain tenun. Pas banget. Kemarin bahkan sempat saya pakai ke acara nikahan teman. Sayang nggak sempat foto-foto.

Kadang, barang kerajinan tangan harganya lebih mahal dari barang sejenis karena dibuat satu per satu. Hal ini tidak berlaku untuk sepatu the warna. Dengan kisaran harga mulai Rp 160.000 hingga Rp 300.000, harganya masih terjangkau. Tengok saja webnya untuk detail produk dan harga. Calon pembeli bisa menghubungi nomor 0896-7247-5786 lewat wa untuk mengecek ketersediaan barang. Responnya cepat lo. Jarak antara saya memesan sepatu dengan barang sampai hanya dalam hitungan waktu tiga hari.



20 komentar :

  1. Wah keren juga sepatunya, banyak model dan warna nya
    Mau liat langsung web nya ah, siapa tau bisa beliin buat ibu dirumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah ke situsnya, keren punya. Ringan loadingnya.

      Hapus
  2. Jadi termotivasi nih untuk berwirausaha. Bolehlah sesekali pasang iklan diblog saya ,siapa tahu pemilik the warna Indonesia membasanya, lah kok jadi ikut promosi nih.
    Kalau soal harga sudah tergolong standar, tidaklah mahal.

    BalasHapus
  3. aku udah punya dua he.. he..
    yang pertama dapat gratis karena menang GA, merasa nyaman pakainya terus beli sepasang lagi deh

    BalasHapus
  4. Saya juga suka produk kerajinan tangan produk asli indonesia. Ayo majukan ekonomi indonesia....

    BalasHapus
  5. Saya termasuk yg percaya bahwa ekonomi kreatif adalah salah satu cara untuk memajukan bangsa. Jadi ga melulu tentang tambang dan produk-produk yg mengeksploitasi sumber daya alam saja. Melalui tangan-tangan kreatif seperti ini, berdampak sangat besar salah satunya membuka lapangan pekerjaan.

    BalasHapus
  6. sepatu lokal gak kalah asyik
    belum lagi klo ada motif2 gitu mbak
    bisa buat hadiah nih

    BalasHapus
  7. sepakat sekali, kalo se_indonesia raya ini ngebeli produk2 lokal semua, beuhh...gak kebayang majunya industri negeri kita yah, berapa juta sudah rakyat kita sekarang kan, pasti luar biasa

    BalasHapus
  8. Kalau cewek memang sepatunya lucu-lucu dan warnanya juga beragam. Kalau cowok lebih simpel hahahhaha
    Dengan membeli produk lokal, kita secara tidak langsung sudah menggeliatkan ekonomi warga setempat :-)

    BalasHapus
  9. lucu-lucu smeua buat penyuka etnik seperti aku

    BalasHapus
  10. Wah. Amazing. Nasionalisme lewat sepatu...
    Keren keren fotonya

    Makasih ya kak

    BalasHapus
  11. Aku juga suka pake sepatu flat kayak gini. Apalagi desainnya lucu-lucu yaaa

    BalasHapus
  12. Balasan
    1. Karena orang di atas ini, ibu dan kakak perempuanku dapat merasakan langsung nyaman dan bangganya pake sepatu dari The Warna ini :)

      omnduut.com

      Hapus
  13. Terima Kasih kak, telah mewrnai langkahnya dengan produk #TheWarnaIndonesia

    BalasHapus
  14. Akk aku mupeng sepatu warna, mau beliii...

    BalasHapus
  15. banyak teman yang pakai sepatu The warna ini, motifnya lucu-lucu mbak

    BalasHapus
  16. Wah.. keren nih.
    Selain sepatunya bagus.
    Asli karya Indonesia lagi.

    BalasHapus
  17. Waah...
    Jadi pengen nyobain satu deh.
    Cuss langsung ngepoin akunnya 😉

    BalasHapus