Jumat, 21 Juli 2017

Alasan Memilih Laptop Mac Book




Sebagai penulis dan pembuat film dokumenter, alat kerja paling penting yang saya gunakan adalah laptop. Benda ini sudah seperti separuh otak saya. Semua data penting mulai dari foto-foto tempat-tempat yang pernah saya kunjungi, dokumentasi pekerjaan, hingga rencana mendatang ada di sini. Saya bahkan tidak pernah pergi keluar kota tanpa membawa laptop.

Sebelum membuat film dokumenter, saya menggunakan laptop jenis note book. Pertimbangannya, saya hanya menggunakan laptop untuk mengetik dan menyimpan data. Waktu itu saya tidak terlalu membutuhkan laptop yang canggih. Sayang kan kalau mengeluarkan banyak uang untuk membayar fitur-fitur yang tidak terpakai. Dahulu, saya saat saya memilih laptop, pertimbangan pertamanya beratnya harus ringan. Karena saya harus membawa laptop tersebut ke mana-mana.

Sekarang, pertimbangan saya saat memilih laptop berubah. Saya dan suami kerap pergi keluar kota. Di tengah-tengah pekerjaan, kadang kami harus mengedit video. Laptop-laptop dengan spesifikasi rendah kerap membuat frustasi. Ia bisa hang tiba-tiba.






















Kami kemudian memutuskan beralih ke mac book pro. Sepintas, barang ini terlihat mahal jika dibandingkan dengan produk sejenis. Tapi, menurut saya, harga yang saya bayarkan sepadan dengan apa yang saya dapat. Pertimbangan pertamanya, barang ini dibuat untuk grafis dan video. Ia lebih stabil. Jika kami menggunakannya untuk mengedit video, laptop jenis ini  tidak cepat panas.

Hal yang paling terasa saat beralih dari laptop lain ke mac book adalah layarnya yang tajam. Foto-foto dan video terlihat lebih hidup karena memiliki warna yang mating jika dilihat di mac book. Apalagi jenis-jenis baru. Mac book memiliki teknologi retina display yang gambarnya memanjakan mata. Senang rasanya melihat foto atau film di layar jenis ini.

Salah satu kelebihan mac book jika dibandingkan dengan merk lain adalah bebas virus. Untuk orang yang kerap berurusan dengan data, keamanan adalah hal penting. Pekerjaan saya bisa terganggu jika tiba-tiba ada data penting yang hilang.

Lalu, teknologi mac cenderung bisa bertahan lama. Beberapa teman saya masih menggunakan mac book keluaran tahun 2012. Sampai sekarang, laptop-laptop tersebut tidak bermasalah. Jika dihitung, artinya laptop tersebut sudah berusia 5 tahun. Bandingkan dengan merk lain. Biasanya sih dalam jangka waktu tersebut sudah harus pensiun. Karena jangka waktu pemakaiannya bisa bertahan lama, laptop ini masih memiliki harga jual tinggi jika dijual kembali.
























Oh iya, satu lagi kelebihan mac dibandingkan laptop lain: bentuknya cantik. Ia didesain dengan model sederhana tapi mewah. Sering kan melihat blogger-blogger yang berkelas internasional berfoto dengan mac book di kamar hotel atau ruang kerjanya? Saya kalau sedang kekurangan foto untuk ilustrasi blog juga sering mem flat lay mac book. Desainnya yang sederhana menarik untuk di foto bersama buku atau peralatan sehari-hari yang saya pakai.

Kalau nanti membutuhkan laptop baru, beli laptop di sini aja. Toko matahari mall jelas toko online yang terpercaya. Hal pertama yang saya lakukan sebelum membeli barang online adalah mengecek tokonya. Jika matahari mall, kita tidak perlu ragu lagi. Sudah pasti toko ini benar-benar ada.

Lalu barang-barang di sini pasti barang asli. Toko sebesar matahari mall pasti tidak mau mempertaruhkan nama baiknya dengan menjual produk palsu. Dan, kalu sedang beruntung, toko ini kerap membelikan diskon. Harga barang yang kita beli bisa jauh lebih murah dibandingkan harga pasaran. Sebagai ibu-ibu penyuka belanja yang selalu ingin hemat, ini jelas tawaran yang menggiurkan.

10 komentar :

  1. Pertamax. Ganti laptop yang retina display biar makin jernih di layar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bukunya kok sama dengan puny saya, ternyata satu idola. Okky S.

      Hapus
  2. Semua orang tahu akan keampihan laptop mac book, jika punya rezeki saya juga ingin beli. Kalau ada gratisan juga lebih mau :)
    Merk lain, umumnya 3 tahun sudah keok, emang segitu garansinya.
    Saya masih pakai PC, semoga lain waktu bisa terbeli. Dan memang ada arah kesana, biar bisa ngeblognya kapan saja.

    BalasHapus
  3. Bener, mahal gakpapa jika sebanding dengan kehandalannya. Laptop Toshiba pertamaku dulu beli 7,5 juta. Begitu rusak, biaya gantinya kayak beli baru > 5 juta. Lalu aku jual "kanibal" komponen2nya, dan tukar tambah dengan PC. Kapok pake laptop lagi.

    Beberapa temenku pake Mac krn alasan yang sama. Bisa edit video. Lalu, aku mupeng juga jadinya kan hahaha. Nabung dulu, mudah2an ada rezekinya nanti :)

    Btw aku pernah belanja di Matahari Mall. Suka dengan cara kerjanya. Bener2 hemat ongkir :)

    Omnduut.com

    BalasHapus
  4. gagal fokus deh..
    terpesona lihat foto cantiknya dengan Mac book di taman.. asri banget

    BalasHapus
  5. Kalau aku ada rezeki, pengen juga memilih laptop macbook, Teh, semoga aja bisa beli :)

    Terkadang orang beli yang murah, tujuannya ya karena harga terjangkau, tapi sayang biasanya tahan awetnya gak lama. Lebih baik mahal tapi sesuai dengan awetnya..

    Belum pernah beli barang elektronik di matahari mall...

    BalasHapus
  6. Pengen banget punya Macbook.. T.T hanya aja harganya gak bersahabat dengan kantong, Hrus rajin2 nabung dulu ini Mbak ^-^

    BalasHapus
  7. Wahh bener sesekali mb, besar terasa modal diawal, tapi longlife nya itu, noted nih

    BalasHapus
  8. mupeng juga punya macbook.. nunggu ada rezeki lah yaaa :D

    BalasHapus